RSS

Mahasiswa-oh-mahasiswa

merenung dari beberapa kalimat..mencambuk diri dengan beberapa kalimat..mungkin dengan ini..kita bisa tersadar dari kematian suri yang panjang..tertidur dalam dekapan penghancur negeri..(by. Gumi)


 "Lebih baik diasingkan daripada menyerah pada kemunafikan..."Tanah yang malang. Harga barang membumbung, semua makin payah. Gerombolan meneror. Tentara meneror. Semua menjadi terror. Siapakah yang bertanggung jawab atas hal ini?? Mereka generasi tua: Soekarno, Ali Iskak, Lie Kiat Teng, Ong Eng Die semua pemimpin yang harus ditembak di lapangan banteng".

Pernah mendengar atau membaca petikan tulisan di atas?? Tulisan yang sangat kritis dan berani pada masanya.. Penuh dengan idealitas dan kejujuran yang merupakan salah satu ciri khas sebuah golongan. Golongan muda terpelajar atau biasa dikenal dengan Mahasiswa. dialah Soe Hok Gie.

Soe Hok Gie, seorang Mahsiswa yang sangat berdedikasi terhadap Indonesia. walaupun kehidupannya tergolong singkat yaitu 27 Tahun. namun sangat banyak perjuangannya demi pendidikan dan sosial di negara ini. totalitas perjuangan dan keinginannya untuk selalu melibatkan diri dalam pergerakan patut untuk kita tiru. ia berjuanga untuk membentuk perubahan yang lebih baik dan mengkritik tajam sampai akhir hayat.inipun patut ditiru.ia merupakan cermin peradapan pada masa itu. keingintahuannya yang besar terhadap nasib bangsa, meneriakkan perjuangan orang-orang tertindas. inipun lagi-lagi patut kita miliki. bersama mahasiswa yang lainnya, walaupun ia dikecam namun semangatnya tidak surut, ia tetap kritis, jujur, dan berani..

itulah Soe Hok Gie yang hendaknya menjadi panutan bagi mahasiswa, namun apa yang terjadi saat ini?? mahasiswa llebih memilih untuk bergaya dan berdandan ke kampus, lebih memilih membeli pakaian yang mahal ketimbang membeli buku pelajaran, lebih senang hang out  ke mall ketimbang berlelah-lelah dengan aktifitas sosial, membicarakan tentang pendidikan dan permasalahan sosial menjadi sangat membosankan daripada harus ngegosip saat kuliah sedang berlangsung hingga perkuliahan berakhir, non-stop...malukah kita??mungkin malu, sedikit malu, atau bahkan sangat malu...tapi bila ditelli pasti yang lebih banyak mereka yang tidak malu dan masa bodoh dengan semua yang terjadi di sekitarnya.

Lalu di mana fungsi agent of change Mahasiswa?? Sedikit sekali yang menjalankan fungsi tersebut... Padahal di tangan mahasiswalah masa depan bangsa ini berada. Akan seperti apakah bangsa kita kelak jika para pemegang estafet kepemimpinannya individualis seperti ini.
untuk itu, marilah kita peka terhadap sekitar kita, membantu yang perlu dibantu, walau hanya dengan kepedulian yang sepele, misalnya cinta pada diri sendiri dengan tidak merusak diri.

Negara kita Menanti lahirnya pemuda-pemuda yang taat pada Tuhannya dan  totalitas dalam berjuang untuk perbaikan bangsa..

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

1 komentar:

henri said...

NAH ITU KESALAHAN DARI MAHASISWA ZAMAN SEKARANG KAH? ATAU ADA FAKTOR LAIN !!

Post a Comment